Bawaslu Terima Hibah Gedung dari Pemkot Bandarlampung

Politik Selasa, 14 Mei 2024    Admin

Bandarlampung, LE - Anggaran pembangunan Kantor Bawaslu Bandarlampung berlantai tiga di Jalan Way Besai Nomor 1 Pahoman bersumber dari APBD Kota Bandarlampung 2023 dengan Pagu sebesar Rp3 Miliar.

Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja hadir secara langsung menerima hibah gedung dari Wali Kota Bandarlampung Eva Dwiana pada acara peresmian Kantor Bawaslu Bandarlampung, Selasa (14/5/2024).

"Kami berterimakasih sekali atas segala usaha dan hasil yang telah diberikan kepada Bawaslu Bandarlampung," ujar Rahmat Bagja dalam sambutannya.

Baca juga: HUT Pop PP ke-71 Tubaba di Gelar Virtual

Ia mengapresiasi Pemkot Bandarlampung yang memberikan nuansa demokratis yang lebih baik ke depan.

"Semoga ini menjadi penyemangat Bawaslu Bandarlampung, dan mengingatkan Bawaslu Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung untuk tetap melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah masing-masing. Ini PR kita," kata Bagja.

Dia menuturkan hingga saat ini sudah dua pemerintah daerah di Provinsi Lampung yang memberikan hibah kepada Bawaslu RI, Lampung Tengah dan Kota Bandarlampung.

Baca juga: 85 Anggota DPRD Lampung Resmi Dilantik, Berikut Daftar Namanya

"Tinggal satu yang kita tunggu (hibah pemprov untuk Bawaslu Lampung), sepertinya tanahnya sudah diberikan oleh Pak Gubernur. Semoga tanahnya lebih luas dari ini," ujar dia.

Sebelumnya, Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad dan Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah berupa aset tanah dan bangunan Pemda Lampung Tengah di Kantor Bawaslu RI, Jakarta, pada Sabtu (17/12/2022) lalu.

Pembangunan Kantor Bawaslu Bandarlampung

Ketua Bawaslu Bandarlampung Apriliwanda menuturkan proses rancang bangun Kantor Bawaslu Bandarlampung dimulai pada awal Juli 2023 lalu.

Baca juga: Eva Dwiana Pilih Dedi Amrullah Sebagai Pendamping

"Berdirinya gedung ini menjadi semangat dalam menyukseskan pemilu dan pemilihan kepala daerah yang jujur dan adil," harap dia.

Apriliwanda mengapresiasi Pemkot Bandarlampung dan anggota Bawaslu Bandarlampung periode sebelumnya yang menginisiasi hibah gedung.

"Apresiasi untuk Pemkot Bandarlampung atas support luar biasa terhadap Bawaslu. Dan terima kasih juga kepada anggota Bawaslu Bandarlampung periode sebelumnya karena jerih payah mereka, gedung ini bisa berdiri," kata dia.

Baca juga: Pemprov Lampung Sinergikan Program Bersama Pemkab Pesibar

Hal senada juga disampaikan oleh Wali Kota Bandarlampung Eva Dwiana.

Ia turut mengapresiasi anggota Bawaslu Bandarlampung periode sebelumnya; Candrawansah, Yusni Ilham, Yahnu Wiguno Sanyoto, Asep Setiawan, dan Gistiawan.

"Kantor ini juga hasil karya Pak Candrawansah dan teman-teman Bawaslu periode sebelumnya. Harapan kami dan doa Pak Candrawansah, gedung ini bisa terealisasi dengan baik," ujar Eva Dwiana.

Baca juga: Waspada Tsunami Dicabut, Arinal Minta Masyarakat Pulang ke Rumah

Wali Kota mengatakan proses pembangunan gedung berlantai tiga Kantor Bawaslu Bandarlampung telah rampung pada bulan November 2023 lalu.

"Sebenarnya ini sudah lama, bulan November 2023. Setelah lima bulan menunggu, akhirnya yang ditunggu-tunggu tiba," tutur dia.

Dia berharap Kantor Bawaslu Bandarlampung dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya dalam menyelenggarakan Pilkada Serentak 2024 yang aman, damai, dan tenteram.

Baca juga: Kejati Lampung Tahan 4 Tersangka Kasus Korupsi Islamic Center

Pada kesempatan tersebut, Eva Dwiana juga berjanji untuk membantu pembangunan Kantor Bawaslu Provinsi Lampung.

"Saya akan pelajari dengan pak sekda, bisa tidak kami hibah dana untuk Bawaslu Provinsi Lampung. Nanti kami hibah Rp25 miliar. Tolong Pak Sekda konsen-nya," kata dia.

Eva Dwiana menegaskan Kota Bandarlampung sebagai ibu kota Provinsi Lampung, Gerbang Pulau Sumatra, harus lebih baik dari daerah-daerah lainnya.

Baca juga: Kuasa Hukum Paslon 1 dan 2 Lengkapi Laporan Money Politic ke Bawaslu

"Biar semua dibangun, karena Kota Bandarlampung pintu gerbang Provinsi Lampung harus lebih baik dari yang lain. Kalau bukan kita siapa lagi," pungkas dia.

Bawaslu Lampung Apresiasi Pemkot

Ketua Bawaslu Provinsi Lampung Iskardo P Panggar berharap pembangunan gedung Kantor Bawaslu Bandarlampung dapat menginspirasi Bawaslu Kabupaten/Kota dan Provinsi.

"Ini adalah kantor termegah dan termahal. Alhamdulillah hari ini bisa diresmikan. Semoga menjadi inspirasi bagi 14 Bawaslu Kabupaten/Kota lainnya dan Bawaslu Provinsi," puji Iskardo.

Baca juga: Arinal dan Warga Lampung Ikuti Isra Miraj 1445H

Menurut dia, peresmian Kantor Bawaslu Bandarlampung potret kolaborasi antara pemerintah kota dan lembaga vertikal.

"Bunda Eva konsen menghidupkan semua lembaga-lembaga di Bandarlampung. Mudah-mudahan Bawaslu Kota memperkuat kolaborasi kami dengan Pemkot Bandarlampung dan menjaga amanah ini secara baik," harap Iskardo.

Ia pun mengingatkan Bawaslu Bandarlampung agar tetap menjaga konsistensi Bawaslu mengawasi pilkada dalam rangka menegakkan keadilan pemilu di Provinsi Lampung, terlebih di Kota Bandarlampung.

Baca juga: Wagub Chusnunia Launching Program Childern`s Day Campaign

Ketua Bawaslu Bandarlampung 2018-2023 Candrawansah juga menegaskan hal serupa.

"Sekretariat permanen ini merupakan dasar dalam menjalankan pengawasan. Kami berharap Bawaslu menjalankan tupoksinya dengan baik dan benar, tanpa memandang calon manapun juga untuk menegakkan keadilan pemilu," kata dia.

Sebagai pihak yang terlibat menginisiasi pembangunan gedung Bawaslu Bandarlampung bersama Wali Kota Bandarlampung sebelumnya Herman HN.

Baca juga: Nanang Ermanto Bantu Korban Rumah Roboh di Sidomulyo

Candrawansah juga berharap kinerja anggota Bawaslu Bandarlampung 2023-2028 dapat lebih baik dalam menghadapi Pilkada 2024.

"Dinamika pilkada biasanya menghangat dari awal hingga akhir. Dinamikanya sangat luar biasa. Dengan adanya fasilitas yang dibangun Pemkot Bandarlampung ini dapat meningkatkan kinerja Bawaslu melebihi kami," pungkas Candrawansah. (Josh)

               
Komentar Anda

PT GMI / PT GJM

JL. Urip Sumoharjo No.88 Gunung Sulah, Wayhalim Bandar Lampung
Hotline/Whatsapp : 62 812-7466-6699/ 085279409444
Email : weblenews@gmail.com